Tips Berpuasa Untuk Busui

Hai Moms, alhamdulillah tahun ini kita berjumpa lagi dengan Ramadhan ya..
Kali ini Umi Queen ingin memberikan beberapa tips untuk sesama busui agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik.

1. Sahur
Asupan saat sahur berarti cadangan nutrisi dan kalori selama berpuasa. Pilihan pangan yang baik di antaranya brokoli, bayam, katuk, telur, ikan salmon, daging tanpa lemak dan kacang merah. Cukup kebutuhan cairan 8 gelas per harinya bisa dibagi antara sahur dan buka.
Konsumsi makanan yg mengandung vitamin C dan mineral untuk vitalitas tubuh. Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yg manis agar tidak mudah merasa lemas dan lapar. Di akhir sahur minum segelas air hangat untuk membersihkan tenggorokan dari sisa minyak makanan agar tidak merasa haus dan kering.

2. Berbuka puasa
Sebaiknya diawali dengan minuman yg hangat seperti teh manis hangat untuk meningkatkan gula darah. Hindari minuman dingin karena akan mengganggu kerja lambung. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat simpleks seperti buah kurma dan kolak.

3. Setelah Sholat Maghrib/Isya
Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum. Moms harus makan setidaknya sebanyak 3 kali (sahur, berbuka dan setelah sholat) dengan komposisi nutrisi sebagai terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat. Boleh juga ditambah "ngemil" di sela waktu tak berpuasa.

4. Sebelum Tidur
Konsumsi vitamin dan perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Nb:
Usahakan melakukan tugas berat ketika sudah berbuka puasa atau ketika di siang hari di tempat yg teduh. Sebaiknya pumping di malam hari untuk antisipasi bila di siang hari produksi ASI menurun.

Jika mengalami gejala dehidrasi seperti pusing, haus tak tertahankan, lemas, dll. Ada baiknya segera membatalkan puasa dengan konsumsi air putih atau minuman yang mengandung elektrolit untuk merehidrasi tubuh.

Xoxo,
Ummi Queen

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nah mengakhiri dengan air hangat nih yang masih suka lupa...makasih yaa Mom.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Kegalauan Para Ibu #MYBABYMomversity

Sentuhan Cinta Untuk Tumbuh Kembang Bayi yang Optimal